Muhamad F

18 Maret 2020 06:33

Pertanyaan

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah presiden Republik Indonesia yang ketiga. Masa kecil dilaluinya bersama saudara-saudaranya di pare-pare, Sulawesi Selatan. Habibie punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas sejak masih menduduki sekolah dasar. Tuliskan dua kesalahan huruf kapital pada teks tersebut!


17

2

Jawaban terverifikasi

S. Alya

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

13 Januari 2022 04:52

Jawaban terverifikasi

Halo, Muhamad F. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya :) Dua kesalahan huruf kapital pada teks tersebut adalah kata "presiden" dan "pare-pare". Yuk kita simak pembahasan berikut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, huruf kapital adalah huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri dan sebagainya, seperti A, B, H; huruf besar. Macam-macam penulisan huruf kapital di antaranya adalah penulisan nama jabatan dan penulisan nama geografi. Dalam penulisan nama jabatan, huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Contohnya "Gubernur Jakarta", "Menteri Pendidikan", dan lain-lain. Dalam penulisan nama geografi, huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Contohnya "Jawa Barat", "Pulau Seribu", "Sungai Musi", dan lain-lain. Pada teks di atas, terdapat dua kesalahan huruf kapital, yaitu kata "presiden" dan "pare-pare". Penjelasannya sebagai berikut. - Kata "presiden" harus diawali dengan huruf kapital karena merupakan nama jabatan yang dapat menjadi pengganti nama orang tertentu. Maka, penulisan yang benar adalah "Presiden Republik Indonesia". - Kata "pare-pare" harus diawali dengan huruf kapital karena merupakan nama geografi. Maka, penulisan yang benar adalah "di Pare-pare, Sulawesi Selatan". Dengan demikian, dua kesalahan huruf kapital pada teks tersebut adalah kata "presiden" dan "pare-pare". Semoga membantu :)


Iklan

Najwa A

18 Maret 2020 10:48

Presiden di Pare-pare


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Cermatilah teks eksplanasi di bawah ini ! Proses Terjadinya Petir Peristiwa terjadinya petir merupakan peristiwa listrik statis yang menghasilkan listrik yang sangat besar hingga jutaan volt. Tidak heran, jika ada pohon yang tersambar petir, pohon tersebut akan terbakar dan hangus. Petir merupakan fenomena yang umumnya terjadi bersamaan dengan hujan. Petir terjadi saat ada awan di angkasa yang bermuatan negatif dan bermuatan positif. Awan terus bergerak dengan bantuan angin. Awan yang bermuatan positif akan berkumpul dengan awan bermuatan positif lainnya. Pada saat ion bebas yang memiliki muatan negatif dan muatan positif berkumpul di awan, awan yang bergerak oleh tiupan angin akan bergesekan dengan awan yang lainnya. Saat awan bergerak dan bertemu, terjadilah beda potensial yang tinggi sehingga elektron akan terlepas ke permukaan bumi untuk menyeimbangkan muatan. Secara sederhana, saat terjadi beda potensial yang tinggi antara awan dengan bumi, awan akan melepaskan muatan negatifnya agar terjadi kesetimbangan muatan. Elektron atau muatan negatif yang mengalir ke bumi itulah yang disebut dengan petir. Proses loncatan elekron yang menembus batas isolasi udara akan menyebabkan suara petir. Loncatan elektron yang berupa bunga api tersebut sangat besar dan sangat panas. Pada saat bunga api itu melewati udara, udara tersebut akan memuai. Pemuaian yang secara tiba-tiba atau dalam waktu yan g singkat itulah yang menyebabkan adanya suara petir. Analisislah kelengkapan kaidah kebahasaaan teks eksplanasi di atas!

196

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan