ZERO Z

07 Februari 2022 00:35

Iklan

Iklan

ZERO Z

07 Februari 2022 00:35

Pertanyaan

Bacalah ilustrasi berikut! Rutinitas mudik adalah tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Lebaran. Mudik Lebaran diakui sebagai kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Dengan mudik, seorang perantau dapat kembali bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Akan tetapi, beberapa orang menilai bahwa mudik Lebaran dapat menyebabkan beberapa kerugian, seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Tanggapan positif dari ilustrasi tersebut adalah … A Seharusnya, mudik Lebaran sudah tidak perlu dilakukan karena pada zaman modern ini sudah ada gadget atau telepon genggam untuk berkirim kabar. B Kegiatan mudik perlu dilestarikan karena dapat menjadi agenda tahunan fenomenal sekaligus menjadi salah satu ciri khas masyarakat Jawa di Indonesia. C Seharusnya, Pemerintah dapat mengatasi kemacetan yang ditimbulkan akibat kegiatan mudik menjelang hari raya Lebaran. D Seharusnya, pemudik wajib berhati-hati supaya selamat sampai di kampung halaman dan dapat bersilaturahmi dengan keluarganya.


4

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Siregar

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

07 Februari 2022 14:36

Jawaban terverifikasi

Halo, ZERO Z. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Kakak bantu jawab, ya. Jawabannya adalah C. Perhatikan penjelasan berikut, ya. Teks tanggapan adalah teks yang berisi komentar atau evaluasi berupa kritikan atau pujian terhadap suatu hal. Dalam teks tanggapan terdapat 2 kalimat tanggapan, yaitu: a. Tanggapan positif, yaitu respons yang mendukung pernyataan terkait (memuat tentang kritikan baik dan pujian terhadap sesuatu). b. Tanggapan negatif, yaitu respons yang menunjukkan ketidaksetujuan terhadap pernyataan terkait. Syarat-syarat membuat tanggapan sebagai berikut: 1. Harus ada kata persetujuan atau tidak setuju. 2. Harus ada alasan untuk menolak atau menyukai. 3. Harus dikatakan secara langsung dengan singkat, padat dan jelas. 4. Harus dikatakan secara sopan santun dengan menggunakan kata-kata yang tidak menyakiti perasaan. Berdasarkan penjelasan tersebut, tanggapan positif dari ilustrasi tersebut adalah "Seharusnya, Pemerintah dapat mengatasi kemacetan yang ditimbulkan akibat kegiatan mudik menjelang hari raya Lebaran." Hal ini berisikan tanggapan positif, karena menyatakan persetujuan akan adanya mudik, tetapi diberikan pula alasan berisi imbauan untuk pemerintah untuk mengatasi kemacetan yang terjadi saat mudik menjelang Hari Lebaran. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

693

5.0

Jawaban terverifikasi