Fadia R

08 Desember 2021 03:12

Iklan

Iklan

Fadia R

08 Desember 2021 03:12

Pertanyaan

Arjuna berangkat kesekolah dengan mengendarai sepeda. Sebelum berangkat ia selalu mengecek kondisi gir, rantai dan ban sepedanya agar mampu bergerak dengan normal. Setelah memastikan sepedanya dalam kondisi normal, Arjuna menempuh jalan lurus datar sepanjang 0,7 km, kemudian Arjuna melewati kolam udang milik penduduk sekitar. Dalam kolam tersebut bima melihat Paddlewheel Aerator berputar di permukaan kolam untuk menambah jumlah oksigen terlarut dalam air sehingga menciptakan kondisi kolam yang nyaman untuk perkembangan udang. Setelah melewati kolam udang bima melewati jalan menurun lurus sepanjang 5 m, sampailah Arjuna disekolahnya. Setelah menyebutkan contoh gerak melingkar dalam wacana I, bagaimana perbedaan gerak melingkar dan gerak lurus?


39

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Mutia

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

19 Januari 2022 03:07

Jawaban terverifikasi

Halo Fadia R, jawaban soal ini adalah gerak melingkar membentuk lintasan berbentuk lingkaran dan gerak lurus membentuk lintasan garis lurus. Gerak lurus merupakan perubahan posisi suatu benda pada lintasan yang lurus, sedangkan gerak melingkar merupakan perubahan posisi suatu benda pada lintasan melingkar. Pada narasi soal, yang termasuk gerak melingkar adalah gerak yang dilakukan gir dan ban sepeda ketika digunakan Arjuna dan gerak Paddlewheel Aerator yang berputar di permukaan kolam, sedangkan gerak lurus adalah gerakan yang dilakukan Arjuna sepanjang 0,7 km sebelum bertemu kolam udang dan jalan lurus menurun sebelum sampai disekolah. Perbedaan gerak melingkar dan gerak lurus terletak pada lintasan yang dibuat, yakni gerak melingkar membentuk lintasan berbentuk lingkaran dan gerak lurus membentuk lintasan garis lurus. Jadi perbedaan gerak melingkar dan gerak lurus terletak pada lintasan yang dibuat, yakni gerak melingkar membentuk lintasan berbentuk lingkaran dan gerak lurus membentuk lintasan garis lurus.


Iklan

Iklan

H. Hartanto

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

13 Desember 2021 07:06

Halo Fadia R, jawaban soal ini adalah sebagai berikut: Gerak lurus merupakan perubahan posisi suatu benda pada lintasan yang lurus. Sedangkan gerak melingkar merupakan perubahan posisi suatu benda pada lintasan melingkar.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pipa U diisi dengan air dan minyak. Massa jenis air =1000 kg/m³ dan massa jenis minyak 850kg/m³ jika tinggi kolam =28cm maka selisih permukaan air dan minyak adalah

281

5.0

Jawaban terverifikasi