Tikaputri T

30 Maret 2020 01:37

Iklan

Iklan

Tikaputri T

30 Maret 2020 01:37

Pertanyaan

APEC atau Asia Pasific Economic Coorporation, merupakan organisasi kerjasama ekonomi regional di kawasan Pasifik, latar belakang berdirinya organisasi tersebut yaitu…


30

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Kamila

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

07 Januari 2022 07:07

Jawaban terverifikasi

Halo Tikaputri T, Kakak bantu jawab ya. Latar belakang berdirinya Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) terinspirasi dari Kesuksesan ASEAN pada tahun 1800an. Hal ini yang ini yang mendorong Perdana Menteri Australia Bob Hawke untuk dapat memperluas kerja sama sehingga APEC menjadi organisasi perdagangan bebas yang diprakarsai oleh Bob Hawke. Selain itu, kondisi kebangkitan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik menuntut negara-negara di luar Eropa untuk turut andil membentuk blok perdagangan. Yuk pahami penjelasan berikut. Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerja sama antar 21 Ekonomi di lingkar Samudera Pasifik yang berdiri tahun 1989. Tujuan utama APEC adalah mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan di Asia Pasifik. Hal ini dilakukan dengan mendorong dan memfasilitasi perdagangan dan investasi yang lebih bebas dan terbuka di kawasan, serta meningkatkan kerja sama pengembangan kapasitas Ekonomi anggota. Latar belakang berdirinya APEC yakni kesuksesan ASEAN di tahun 1980-an. Kesuksesan ASEAN ini mendorong Perdana Menteri Australia Bob Hawke untuk dapat memperluas kerja sama. APEC menjadi organisasi perdagangan bebas yang diprakarsai oleh Bob Hawke. Selain hal tersebut, kondisi kebangkitan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik menuntut negara-negara di luar Eropa untuk turut andil membentuk blok perdagangan. Saat ini terdapat 21 Ekonomi yang menjadi anggota APEC, diantaranya : Australia, Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Niugini, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

Senia V

30 Maret 2020 12:11

adanya rasa khawatir akan adanya kegagalan dalam putaran Uruguay (putaran dagang)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Seorang pengusaha asal Solo mewakafkan rumahnya di Jln. Pegangsaan Timur no. 56 kepada Ir. Soekarno demi kemerdekaan. Siapakah nama pengusaha tersebut?

29

0.0

Jawaban terverifikasi