Squad S

19 Januari 2022 11:25

Iklan

Iklan

Squad S

19 Januari 2022 11:25

Pertanyaan

Apakah transaksi keuangan yang ada di masyarakat seluruhnya harus menggunakan uang tunai atau alat pembayaran tunai? Jelaskan jenis-jenis transaksi yang menggunakan alat pembayaran tunai dan pembayaran nontunai!


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Anggriani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

11 Juli 2022 13:41

Jawaban terverifikasi

Jaawabannya adalah transaksi keuangan masyarakat tidak harus menggunakan uang tunai karena bisa menggunakan uang non tunai. Pembahasan Alat pembayaran digunakan sebagai media untuk melakukan berbagai transaksi. Alat pembayaran merupakan aspek yang paling penting karena tanpa alat pembayaran, suatu sistem pembayaran tidak akan berjalan. Pada dasarnya ada dua jenis alat pembayaran yaitu alat pembayaran tunai dan alat pembayaran non tunai. Jenis - jenis alat pembayaran: 1. Alat pembayaran tunai Alat pembayaran tunai merupakan alat transaksi yang digunakan untuk melakukan jual beli secara konvensional. alat pembayaran tunai adalah uang kartal (uang kertas dan uang logam). Uang kartal masih memainkan peran penting khususnya transaksi bernilai kecil. Dalam masyarakat modern sekarang ini, pemakaian alat pembayaran kartal memang cenderung lebih kecil dibanding uang giral. Mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia adalah rupiah. 2. Alat pembayaran non tunai Alat pembayaran non tunai merupakan alat pembayaran yang tidak menggunaakan uang kartal (uang kertas dan logam). Secara umum pembayaran non tunai terbagi dua bagian, meliputi; - Berbasis kartu dan elektronik Pertama, kartu kredit yaitu kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank dan sejenisnya untuk memungkinkan nasabahnya membeli barang yang dibutuhkan secara hutang. Yang kedua yaitu kartu debit merupakan kartu mengacu kepada saldo nasabah bank yang diterbitan oeh bank digunakan untuk bertransaksi seperti pembayaran, mentransfer uang atau mengambil uang dari mesin ATM. Dan yang ketiga yaitu E-Money, merupakan kartu elektronik yang dapat digunakan untuk alat pembaayaran atas dasar nilai uang atau yang sudah disetorkan terlebih dahulu. Dana ini simpan secara elektronik untuk digunakan sebagai pembayaran yang dilakukan secara elektronik atau non tunai. Cotohnya yaitu kartu yang digunakan untuk membayar tol, KRL dan transjakarta. - Berbasis warkat Warkat adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh suatu bank sebagai instrumen penarikan dana nasabah yang memiliki fasilitas Rekening Giro atau Rekening Koran, seperti cek, bilyet giro, nota debit, nota kredit, nota pemindah bukuan, dan kuintansi transfer (wesel). Jadi apakah transaksi keuangan yang ada di masyarakat seluruhnya harus menggunakan uang tunai atau alat pembayaran tunai jawaban tentu tidak. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara non tunai, di zaman sekarang ini setiap pembayaran dapat menggunakan kartu baik itu kredit maupun debit tidak hanya itu masyarakat bisa memfaatkan pembayaran secara elektronik. Berdasarkan penjelasan di atas maka transaksi keuangan masyarakat tidak harus menggunakan uang tunai karena bisa menggunakan uang non tunai.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada neraca saldo per 31 Desember 2017 terdapat akun sewa dibayar di muka Rp20.000.000,00. Sewa tersebut dibayar 1 September 2017, Atas dasar informasi tersebut maka pada waktu tutup buku per 31 Desember 2017 diminta anda untuk mencatat a. jurnal penyesuaian

972

0.0

Jawaban terverifikasi