Andwi R

11 Maret 2020 16:03

Iklan

Iklan

Andwi R

11 Maret 2020 16:03

Pertanyaan

Apakah sebuah drama harus di pentaskan di atas panggung atau pentas? Karena banyak contoh drama misal di YouTube yang di tampilkan dengan latar di alam nyata Tidak dipanggung. Mohon penjelasan.


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Aliyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

31 Januari 2022 14:38

Jawaban terverifikasi

Halo, Andwi R. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Sebuah drama tidak harus dipentaskan di atas panggung karena saat ini drama juga dapat disaksikan dalam tayangan televisi seperti sinetron maupun film. Berikut penjelasannya. Drama merupakan karya sastra berbentuk cerita atau narasi yang disampaikan melalui gerak dan ditampilkan di hadapan penonton. Drama dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu drama tradisional dan drama modern. Drama tradisional merupakan jenis drama yang pada menceritakan tentang kesaktian atau kejadian luar biasa dan terkadang menggunakan bahasa daerah. Drama jenis ini biasanya ditampilkan dalam suatu ruangan khusus maupun di tempat terbuka. Misalnya, Lenong, Ketoprak, Ludruk. Sementara itu, drama modern merupakan jenis drama yang bertema kehidupan manusia sehari-hari. Sinetron dan film merupakan contoh dari jenis drama ini. Dengan demikian, sebuah drama tidak harus dipentaskan di atas panggung karena saat ini drama juga dapat disaksikan dalam tayangan televisi seperti sinetron maupun film. Semoga membantu :)


Iklan

Iklan

Ruth P

12 Maret 2020 03:38

Dalam arti sempit, drama disebut sebagai kisah hidup manusia yang ditampilkan di atas panggung, disajikan dengan bentuk dialog dan gerakan sesuai naskah, didukung dengan performa dari tata panggung, tata lampu, tata musik, tata rias dan tata busana. Sedangkan dalam arti luas, drama adalah suatu tontonan yang mempunyai cerita dan dipertunjukan di depan orang banyak, mencakup seperti teater tradisional dan teater modern.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud teks drama

10

0.0

Jawaban terverifikasi