Iklan

Iklan

Ghozi F

19 November 2020 15:06

Pertanyaan

Apakah perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan?


1rb+

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Haq

25 Januari 2022 08:15

Jawaban terverifikasi

Hai Ghozi, kakak bantu jawab ya. Besaran pokok adalah besaran asli yang dapat diukur dan dinyaktan dalam nilai dan satuan. Ada 7 besaran pokok : panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya, jumlah zat. Besaran turunan adalah besaran asil turunan (perkalian atau pembagain) antara dua atau lebih besaran pokok. Contoh besaran turunan adalah luas, volume, berat, massa jenis, usaha, dll.


Iklan

Iklan

R. Hartono

19 November 2020 17:50

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran pokok ditentukan secara internasional, dan hanya ada 7 besaran pokok. Contoh: - panjang; satuan: meter (m) - massa; satuan: kilogram (kg) - waktu; satuan: sekon (s) - suhu; satuan: Kelvin (K) - kuat arus; satuan: Ampere (A) - intensitas cahaya; satuan: kandela (cd) - jumlah zat; satuan: mol (mol) Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Dengan kata lain, besaran turunan terdiri dari beberapa besaran pokok. Jumlah besaran pokok sangat banyak. Contoh: - volume; satuan: meter kubik (m^3) - luas; satuan: meter persegi (m^2) - kecepatan; satuan: meter per sekon (m/s) - percepatan; satuan: meter per sekon kuadrat (m/s^2) - gaya; satuan: Newton (N) - usaha; satuan: Joule (J)


Whizar A

27 Juli 2022 11:54

94dfffrirrkkdf


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Gerakan suatu benda dimana setiap titik pada benda tersebut mempunyai jarak yang tetap terhadap suatu sumbu tertentu, merupakan pengertian dari

30

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan