Evan H

24 Februari 2020 14:22

Pertanyaan

apakah faktor dampak dari negara Indonesia bila terletak diantara 2 samudera dan 2 benua yaitu?


16

3

Jawaban terverifikasi

A. Dini

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

24 Desember 2021 00:36

Jawaban terverifikasi

Halo, Evan. Saya bantu jawab ya. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia, dan di antara dua samudera, yaitu Hindia dan Pasifik. Letak geografis tersebut memberikan dampak positif dan negatif bagi Indonesia. Dampak positif dari letak geografis bagi Indonesia adalah Indonesia berada pada posisi persimpangan lalu lintas internasional, sehingga menjadi jalur pelayaran dan perdagangan dunia. Hal tersebut menyebabkan banyak kapal asing yang berlayar melewati Indonesia. Secara ekonomi, kondisi tersebut dapat menambah devisa negara. Secara sosial, kondisi tersebut dapat menyebabkan terjalinnya komunikasi yang baik antara warga negara Indonesia dengan warga negara asing dan terjadinya pertukaran atau percampuran budaya yang dapat menambah keragaman budaya Indonesia. Dampak negatif dari letak geografis bagi Indonesia adalah rawan terjadi perdagangan ilegal, masuknya imigran gelap, dan masuknya budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, sehingga dapat menghilangkan budaya asli Indonesia. Jadi, dampak positif dan dampak negatif letak geografis bagi Indonesia dapat dilihat dari segi ekonomi dan sosial seperti penjelasan tersebut di atas. Semoga membantu ya!


Iklan

Syauqi F

25 Februari 2020 12:26

faktor positif adalah banyak kapal luar negeri yang lewat di Indonesia nan menamba visa negara


Naura I

01 Maret 2020 15:22

dampak positif yaitu Indonesia menjadi jalur utama perdagangan internasional.dpak negatif,banyaknya gunung api di Indonesia karena berada di jalur tumpukan antar lempeng.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Hambatan yang dihadapi para petani di Indonesia salah satunya adalah ... a. kurangnya tenaga kerja b. lahan pertanian yang terbatas c. perubahan iklim yang ekstrim d. pangsa pasar menurun

65

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan