Indriawati P

03 Juni 2020 05:52

Iklan

Iklan

Indriawati P

03 Juni 2020 05:52

Pertanyaan

Apabila tubuh terinfeksi virus cacar kemudian sembuh. Untuk jangka waktu tertentu orang tersebut akan mengalami kekebalan terhadap penyakit cacar. Kekebalan ini disebabkan dalam tubuh telah terbentuk….


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Yeyen

12 Maret 2022 09:12

Jawaban terverifikasi

Halo Indriawati. Kakak coba bantu jawab ya :) Kekebalan ini disebabkan dalam tubuh telah terbentuk antibodi. Saat antigen (virus cacar) masuk ke dalam tubuh, makrofag dalam jaringan limfoid akan memakan/ memfagositosis antigen tersebut dan akan mengundang limfosit B didekatnya. Selain itu, antigen tersebut akan dibawa ke sel T pembantu pada waktu yang bersamaan. Limfosit B akan berproliferasi menghasilkan sel plasma dan sel B memori. Setelah itu, sel plasma akan menghasilkan antibodi sebagai sistem kekebalan humoral untuk membunuh virus cacar. Sel B memori adalah jenis sel yang akan mengingat jenis antigen yang masuk dalam bentuk antibodi. Jika dikemudian hari antigen (virus cacar) menginveksi tubuh lagi, maka sel B akan langsung membentuk antibodi untuk membunuh virus tersebut dengan cepat. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mengapa saat masuk dalam rumah setelah melihat cahaya matahari yang terang, untuk beberapa saat mata kita tidak dapat melihat ?

3

0.0

Jawaban terverifikasi