Mufid A

13 Mei 2024 06:19

Iklan

Iklan

Mufid A

13 Mei 2024 06:19

Pertanyaan

Apa yang menjadi bahan utama pembentukan litosfer

Apa yang menjadi bahan utama pembentukan litosfer


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Mei 2024 13:04

Jawaban terverifikasi

<p>Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang padat dan keras yang terdiri dari batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorfik. Bahan utama pembentukan litosfer meliputi:</p><p>1. Batuan beku: Batuan beku terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras di bawah permukaan bumi. Proses pembekuan magma ini dapat terjadi di kedalaman yang beragam, mulai dari dalam kerak bumi hingga di dalam dapur magma di mantel bumi. Contoh batuan beku meliputi granit, basalt, dan diorit.</p><p>2. Batuan sedimen: Batuan sedimen terbentuk dari endapan material yang terkompresi dan tercementasi selama jutaan tahun. Endapan ini dapat berasal dari batuan yang tererosi, endapan organik seperti fosil, atau endapan kimia yang mengendap dari larutan air. Proses pembentukan batuan sedimen meliputi pelapukan, transportasi, deposisi, dan diagenesis. Contoh batuan sedimen meliputi batu pasir, batu kapur, dan batu lempung.</p><p>3. Batuan metamorfik: Batuan metamorfik terbentuk dari batuan yang mengalami transformasi fisik dan kimia akibat tekanan dan suhu tinggi di dalam kerak bumi. Batuan ini dapat terbentuk dari batuan beku, sedimen, atau batuan metamorfik lainnya melalui proses metamorfisme. Contoh batuan metamorfik meliputi marmer, batu gamping, dan gneis.</p><p>Bahan-bahan ini merupakan komponen utama dalam pembentukan litosfer, yang kemudian membentuk lapisan padat dan keras yang melapisi permukaan bumi. Proses-proses geologis seperti pembekuan magma, pelapukan, erosi, transportasi, deposisi, dan metamorfisme berperan penting dalam membentuk dan mengubah komposisi litosfer secara bertahap selama jutaan tahun.</p>

Litosfer adalah lapisan kerak bumi yang padat dan keras yang terdiri dari batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorfik. Bahan utama pembentukan litosfer meliputi:

1. Batuan beku: Batuan beku terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras di bawah permukaan bumi. Proses pembekuan magma ini dapat terjadi di kedalaman yang beragam, mulai dari dalam kerak bumi hingga di dalam dapur magma di mantel bumi. Contoh batuan beku meliputi granit, basalt, dan diorit.

2. Batuan sedimen: Batuan sedimen terbentuk dari endapan material yang terkompresi dan tercementasi selama jutaan tahun. Endapan ini dapat berasal dari batuan yang tererosi, endapan organik seperti fosil, atau endapan kimia yang mengendap dari larutan air. Proses pembentukan batuan sedimen meliputi pelapukan, transportasi, deposisi, dan diagenesis. Contoh batuan sedimen meliputi batu pasir, batu kapur, dan batu lempung.

3. Batuan metamorfik: Batuan metamorfik terbentuk dari batuan yang mengalami transformasi fisik dan kimia akibat tekanan dan suhu tinggi di dalam kerak bumi. Batuan ini dapat terbentuk dari batuan beku, sedimen, atau batuan metamorfik lainnya melalui proses metamorfisme. Contoh batuan metamorfik meliputi marmer, batu gamping, dan gneis.

Bahan-bahan ini merupakan komponen utama dalam pembentukan litosfer, yang kemudian membentuk lapisan padat dan keras yang melapisi permukaan bumi. Proses-proses geologis seperti pembekuan magma, pelapukan, erosi, transportasi, deposisi, dan metamorfisme berperan penting dalam membentuk dan mengubah komposisi litosfer secara bertahap selama jutaan tahun.


Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

15 Mei 2024 07:23

Jawaban terverifikasi

<p>Batuan sedimen dan batuan beku</p><p><br>Unsur-unsur yang membentuk litosfer adalah konsistensi yang kaku dan komponen-komponennya dapat anorganik dan diproduksi oleh dekomposisi dan pelapukan batuan di permukaan. Litosfer terutama terdiri dari <strong>batuan sedimen dan batuan beku</strong>.</p>

Batuan sedimen dan batuan beku


Unsur-unsur yang membentuk litosfer adalah konsistensi yang kaku dan komponen-komponennya dapat anorganik dan diproduksi oleh dekomposisi dan pelapukan batuan di permukaan. Litosfer terutama terdiri dari batuan sedimen dan batuan beku.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimanakah perkembangan industri di kawasan asia? Apa saja negara di Asia yang menjadi negara industri beserta hasil industrinya

0

5.0

Jawaban terverifikasi