FarihFauzan F

17 Maret 2020 13:07

Pertanyaan

apa yang dimaksud teks eksposisi


8

1

Jawaban terverifikasi

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

19 Januari 2022 21:16

Jawaban terverifikasi

Halo FarihFauzan F, terima kasih telah bertanya di Roboguru :) Teks eksposisi adalah sebuah teks yang isinya mengandung informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat, padat, dan jelas. Berikut penjelasannya. Teks eksposisi adalah sebuah teks yang isinya mengandung informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat, padat, dan jelas. Teks eksposisi memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu informasi tertentu agar dapat menambah ilmu dan pengetahuan pembaca. Ciri-ciri teks eksposisi, yaitu: 1. Menjelaskan sesuatu dengan objektif. 2. Bersifat informatif. 3. Dijelaskan dengan singkat, padat, tepat, dan akurat. 4. Mengandung fakta. 5. Informasi disampaikan secara lugas. 6. Tidak memihak pada siapapun. Dengan demikian, teks eksposisi adalah sebuah teks yang isinya mengandung informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat, padat, dan jelas. Semoga membantu :)


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

(1) Heal the World dirilis dalam sebuah album yang berjudul 'dangerous' dengan cover album yang bergambar tangan mengangkat bumi yang penuh dengan perban luka. (2) The world dalam bahasa Indonesia berarti menyembuhkan bumi. Lagu dengan durasi mencapai 6 menit 22 detik ini menceritakan tentang keinginan dan harapan agar manusia bisa menjadikan bumi sebagai tempat yang lebih baik bagi generasi berikutnya.(3) Lagu ini durasinya yang terlalu lama. Bagi orang yang bukan fans fanatik sang King of Pop, mendengarkan lagu ini yang lama dengan lirik bagian akhir yang terus diulang-ulang akan menimbulkan kebosanan. (4) Lagu ini benar-benar memiliki makna dan emosi yang mendalam. Liriknya benar-benar menggugah kembali dan mempertanyakan di mana rasa kemanusiaan kita selama ini. Bagian kelemahan ditunjukkan oleh pernyataan kalimat ke ...

33

0.0

Jawaban terverifikasi

SARAPAN ITU KUNCI HARI YANG PRODUKTIF Salah satu kunci untuk membangun hari yang pernah energi ialah sarapan. Sayangnya, banyak orang yang salah persepsi tentang sarapan bahkan menyepelekannya. Survey Diet Total (SDT) yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menemukan fakta bahwa pada 25.000 anak usia 6 sampai 12 tahun di 34 provinsi terdapat 47,7 persen anak belum memenuhi kebutuhan energi minimal saat sarapan. Bahkan, 66,8 persen anak mengonsumsi sarapan dengan kualitas gizi yang rendah, terutama asupan vitamin dan juga mineral. Lantas, apa manfaat sarapan dan bagaimana panduan sarapan yang tepat? Sarapan menjadi salah satu kegiatan penting untuk memulai hari agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Menurut Jansen Ongko, M. Sc, RD, seorang praktisi gizi kebugaran, salam acara peluncuran produk Nestle NESTUM di Jakarta (5/9), menyatakan “Sarapan memenuhi sekitar 15 hingga 30 persen kebutuhan gizi harian. Selain itu, sarapan juga membantu memupuk kebiasaan pola makan yang cerdas saat makan siang, jajan, dan makan malam.” Melewatkan sarapan membuat tubuh menjadi lesu, tak bersemangat, dan sulit berkonsentrasi , hingga akhirnya Anda tidak produktif. Selain itu, tahukah Anda bahwa melewatkan sarapan sama saja memberi kesempatan tubuh untuk dapat bertambah berat badan. Apalagi jika Anda sedang dalam program diet. Mengapa begitu? Karena saat sarapan terlupakan maka tubuh berada dalam kondisi sangat lapar. Terlebih jika aktivitas Anda di hari itu sangatlah padat dan membutuhkan energi ekstra. Kemudian yang hampir pasti terjadi ialah Anda makan dengan kalap di siang hari dengan porsi yang besar dan sumber makanan yang sembarangan. Jika hal ini Anda biasakan setiap hari maka bukannya sehat, Anda malah mungkin mengalami kenaikan berat badan hingga menyebabkan penyakit serius tertentu. Sarapan ibarat amunisi dan bahan bakar sebelum memulai hari Anda. Untuk itu, penting jika Anda mengonsumsi karbohidrat yang memang memiliki fungsi utama sebagai energi dan makanan untuk otak. Jangan lupa sertakan protein sebagai zat pembangun daya tahan tubuh dan memberikan rasa kenyang hingga waktu makan selanjutnya. Selain itu, sarapan juga membantu Anda dalam mengontrol gula darah Anda lebih stabil dalam seharian kegiatan Anda. 4. Identifikasilah argumen-argumen yang terdapat dalam teks tersebut!

38

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan