Eric E

25 Januari 2020 05:53

Iklan

Iklan

Eric E

25 Januari 2020 05:53

Pertanyaan

apa yang dimaksud: pubertas


6

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Laila

08 Januari 2022 14:18

Jawaban terverifikasi

Hai Eric, kakak coba bantu jawab, ya :) Masa pubertas adalah masa terjadinya perubahan fisik dan mental, termasuk emosi dan perilaku pada anak laki-laki dan anak perempuan. Hal ini disebabkan perubahan hormon. Masa ini adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi remaja. Pada masa pubertas, tubuh laki-laki dan perempuan mengalami perubahan. Ada dua jenis perubahan yang terjadi pada masa pubertas, yaitu perubahan primer dan perubahan sekunder. 1. Perubahan Primer Perubahan primer disebut juga perubahan utama yang terjadi di dalam tubuh. Contoh perubahan primer adalah anak perempuan mengalami menstruasi dan anak laki-laki mengalami mimpi basah merupakan pertanda bahwa organ reproduksi mereka sudah matang. Anak perempuan sudah mampu menghasilkan sel telur dan anak laki-laki sudah mampu menghasilkan sperma. Jika kedua sel tersebut bertemu, akan terjadi pembuahan yang dapat menyebabkan kehamilan. 2. Perubahan Sekunder Perubahan primer diiringi dengan perubahan sekunder. Perubahan sekunder disebut juga dengan perubahan fisik atau perubahan yang ciri-cirinya tampak pada tubuh laki-laki dan perempuan. Contoh perubahan sekunder pada anak laki-laki antara lain tumbuh jakun, suara membesar, dada membidang, dan tumbuh rambut di ketiak serta kemaluan. Perubahan sekunder pada anak perempuan antara lain payudara membesar, suara melengking, dan tumbuh rambut di ketiak serta kemaluan. Semoga membantu, ya!


Iklan

Iklan

ZHAFKUNZ Z

25 Januari 2020 07:24

Pubertas atau akil balig adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik,psikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Pada masa ini memang pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat.  Semoga membantu.


Suci M

25 Januari 2020 07:15

pubertas adalah dimana mengalami pertumbuhan dari anak² ke remaja dengan ditandai hal² tertentu


Keisha N

25 Januari 2020 10:44

pubertas di sebut jg masa remaja


Aisyah A

25 Januari 2020 12:22

masa puber atau pubertas adalah masa perubahan dari anak-anak menuju ke arah dewasa.masa puber di tandai dengan perubahan pergaulan,perubahan pola pikir,perubahan fisik,dan perubahan tingkah laku.masa pubertas anak laki-laki lebih lambat di banding anak perempuan. tanda tanda pertumbuhan remaja atau pubertas adalah sebagai berikut: 1.masa ini disebut masa akil balig(pubertas)masa saat organ-organ reproduksi mencapai kematangan. 2.kecepatan pertumbuhan lebih tinggi dari pada masa kanak-kanak. 3.keremajaan anak perempuan (9-13 tahun), datang lebih awal dari pada anak laki-laki (10-14 tahun). 4.mulai menyukai lawan jenis 5.hormon seksual merangsang pertumbuhan alat kelamin. 6.mulai muncul tanda kelamin sekunder. berikut adalah ciri-ciri perkembangan fisik pada laki-laki dan perempuan pada masa pubertas di tandai dengan perubahan primer dan perubahan sekunder. 1.perubahan primer perubahan primer merupakan perubahan fisiologis di dalam tubuh manusia yang di kendalikan oleh hormon kelamin. 2.perubahan sekunder perubahan sekunder merupakan perubahan yang dapat terlihat dalam tubuh(perubahan fisik). A. perkembangan fisik pada anak laki-laki 1.suara menjadi besar (berat). 2.tumbuh kumis,janggut dan jambang. 3.tumbuh rambut di ketiak dan di bagian bagian tubuh tertentu. 4.tumbuh jakun di leher. 5.bahu lebih lebar sehingga bahu. membidang 6.pertumbuhan pada organ kelamin yang diikuti kematangan organ reproduksi B.perkembangan fisik pada anak perempuan 1.suara menjadi lebih nyaring 2.organ reproduksi mulai menghasilkan sel telur,ditandai dengan datangnya haid atau menstruasi 3.payudara mulai berkembang 4.tumbuh rambut di ketiak dan di bagian bagian tertentu 5.kulit menjadi lebih halus 6.pinggul mulai melebar


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bagai mana cara mencangkok?

5

0.0

Jawaban terverifikasi