Farid R

22 Maret 2020 04:26

Iklan

Iklan

Farid R

22 Maret 2020 04:26

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan sel dan jaringan


10

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

I. Fauziah

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

20 Januari 2022 09:14

Jawaban terverifikasi

Hai Farid, kakak bantu jawab ya :) Sel adalah unit struktural fungsional terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Sedangkan jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Sel berasal dari kata 𝘊𝘦𝘭𝘭𝘒 yang artinya rongga kecil. Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1665. Sel dikatakan sebagai unit terkecil karena sel tidak dapat dibagi lagi ke ukuran yang lebih kecil. Sel disebut struktural terkecil karena semua tubuh makhluk hidup tersusun atas sel-sel. Ada makhluk hidup yang terdiri dari satu sel (uniseluler) dan bersel banyak (multiseluler). Sel dikatakan satuan fungsional terkecil karena di dalam sel terjadi berbagai proses kehidupan. Sehingga tubuh makhluk hidup dapat menyelenggarakan kehidupan jika sel-sel penyusun nya berfungsi dengan baik. Contoh sel antara lain sel darah putih, sel darah merah, sel sperma, sel otot polos, dan sel saraf. Tubuh makhluk hidup multiseluler tersusun oleh banyak sel. Sel-sel tersebut ada yang sama dan ada yang berbeda satu sama lain. Sel-sel yang sama berkelompok dan menjalankan suatu fungsi tertentu. Sekelompok sel yang bersatu dan mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut dengan jaringan. Contohnya jaringan saraf, jaringan darah, dan jaringan otot. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Rahmi N

22 Maret 2020 05:36

sel merupakan satuan terkecil yg menyusun tubuh makhlukh hidup. sedangkan jaringan adalah sel sel yg mempunyai fungsi dan bentuk yg sama akan berkelompok. kelompok sel itu di namakan jaringan.


Agung K

22 Maret 2020 08:21

sel adalah unsur organisme yang paling kecil sedangkan jaringan adalah kumpulan beberapa sel yang memiliki sifat yang sama


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud motabolosme?

7

0.0

Jawaban terverifikasi