Fadia F

22 Mei 2024 01:26

Iklan

Iklan

Fadia F

22 Mei 2024 01:26

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan listrik dinamis

apa yang dimaksud dengan listrik dinamis


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Mei 2024 03:43

Jawaban terverifikasi

Listrik dinamis adalah listrik yang dapat bergerak atau mengalir dalam rangkaian listrik. Arus listriknya adalah aliran muatan listrik yang melewati kawat penghantar tiap satuan waktu.


Iklan

Iklan

Celine G

22 Mei 2024 04:38

Jawaban terverifikasi

<p>Listrik dinamis mengacu pada aliran arus listrik yang bergerak secara terus-menerus dalam suatu rangkaian listrik. Ini berbeda dengan listrik statis, di mana muatan listrik tetap diam atau tidak bergerak. Listrik dinamis terjadi ketika muatan listrik mengalir melalui konduktor seperti kawat, sehingga menghasilkan arus listrik.</p><p>Arus listrik dinamis biasanya dihasilkan melalui dua mekanisme utama:</p><p><strong>Arus searah (DC)</strong>: Ini adalah jenis arus listrik di mana muatan bergerak dalam satu arah. Dalam arus searah, arah aliran muatan listrik tidak berubah seiring waktu. Contoh paling umum dari arus searah adalah arus yang dihasilkan oleh baterai.</p><p><strong>Arus bolak-balik (AC)</strong>: Ini adalah jenis arus listrik di mana muatan bergerak bolak-balik secara teratur. Dalam arus bolak-balik, arah aliran muatan listrik berubah secara periodik sesuai dengan siklus sumber listriknya. Contoh paling umum dari arus bolak-balik adalah listrik yang disalurkan oleh jaringan listrik rumah tangga.</p><p>Listrik dinamis memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk penggunaan dalam pembangkit listrik, peralatan elektronik, sistem distribusi energi listrik, transportasi, dan banyak lagi. Hal ini juga merupakan dasar bagi banyak bidang ilmu pengetahuan dan teknologi modern, termasuk elektromagnetisme, teknik listrik, dan elektronika.</p>

Listrik dinamis mengacu pada aliran arus listrik yang bergerak secara terus-menerus dalam suatu rangkaian listrik. Ini berbeda dengan listrik statis, di mana muatan listrik tetap diam atau tidak bergerak. Listrik dinamis terjadi ketika muatan listrik mengalir melalui konduktor seperti kawat, sehingga menghasilkan arus listrik.

Arus listrik dinamis biasanya dihasilkan melalui dua mekanisme utama:

Arus searah (DC): Ini adalah jenis arus listrik di mana muatan bergerak dalam satu arah. Dalam arus searah, arah aliran muatan listrik tidak berubah seiring waktu. Contoh paling umum dari arus searah adalah arus yang dihasilkan oleh baterai.

Arus bolak-balik (AC): Ini adalah jenis arus listrik di mana muatan bergerak bolak-balik secara teratur. Dalam arus bolak-balik, arah aliran muatan listrik berubah secara periodik sesuai dengan siklus sumber listriknya. Contoh paling umum dari arus bolak-balik adalah listrik yang disalurkan oleh jaringan listrik rumah tangga.

Listrik dinamis memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk penggunaan dalam pembangkit listrik, peralatan elektronik, sistem distribusi energi listrik, transportasi, dan banyak lagi. Hal ini juga merupakan dasar bagi banyak bidang ilmu pengetahuan dan teknologi modern, termasuk elektromagnetisme, teknik listrik, dan elektronika.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pakai cara yang benar minimal 2 cara penyelesaian yang berbeda

0

5.0

Jawaban terverifikasi