Shifa N

12 November 2020 16:02

Iklan

Iklan

Shifa N

12 November 2020 16:02

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan genetika


16

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Nurrahmi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

22 Maret 2022 10:02

Jawaban terverifikasi

Halo Shifa, Kakak bantu jawab ya :) Genetika adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari segala aspek tentang gen, termasuk tentang pewarisan sifat. Yuk Kita bahas! Gen adalah material pembawa sifat dari orang tua yang akan diturunkan ke anaknya. Gen dipelajari di dalam cabang ilmu biologi yaitu genetika. Bidang kajian genetika mencakup tingkat molekul sampai tingkat populasi. Pada tingkat molekul, genetika mempelajari tentang bahan genetik atau material pembawa informasi untuk diwariskan. Bentuk fisik gen sendiri berupa urutan basa nitrogen dalam DNA, yang merupakan molekul asam nukleat. Selain itu, genetika juga membahas mengenai bagaimana informasi di dalam gen itu diekspresikan. Pembahasan ini mencakup dogma sentral dari mulai replikasi DNA, transkripsi, dan translasi. Selanjutnya pada tingkat populasi, genetika membahas mengenai bagaimana informasi dipindahkan dari satu individu ke individu lain, artinya hal ini membahas tentang pola pewarisan sifat, hukum mendel I, hukum mendel II, dan hukum hardy Weinberg. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Nabilatul K

14 November 2020 13:12

gen sendiri adalah unit terkecil yang menentukan sifat makhluk hidup. nah jadi genetika ini adalah cabang biologi yang berhubungan atau mempelajari tentang hal pewarisan sifat (penurunan sifat) dari individu induk ke individu generasinya. mohon maaf jika bahasanya kurang tepat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

formula kromosom / atau kariotipe dari lumba-lumba yang jumlah kromosomnya 44 dan tembakau jumlah kromosomnya 48 Baik pada sel somatic/ sel tubuh dan sel kelamin/ sel

13

0.0

Jawaban terverifikasi