Salma K

22 April 2020 13:30

Iklan

Iklan

Salma K

22 April 2020 13:30

Pertanyaan

apa yang dimaksud bioteknologi modern


25

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Nurrahmi

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

20 Januari 2022 09:15

Jawaban terverifikasi

Halo Salma, Kakak bantu jawab ya :) Bioteknologi modern adalah teknologi yang menggunakan makhluk hidup sebagai bahan atau alat untuk menghasilkan suatu produk dengan menggunakan prinsip rekayasa genetika. Makhluk hidup memiliki berbagai manfaat bagi makhluk hidup lainnya, bagi industri pangan, industri farmasi, industri kosmetika, dan bidang lainnya. Pemanfaatan makhluk hidup sebagai bahan atau alat untuk menghasilkan produk tertentu disebut bioteknologi. Bioteknologi dibagi menjadi bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Bioteknologi konvensional melibatkan proses sederhana dan tidak menggunakan teknik rekayasa genetika. Bioteknologi ini biasanya memanfaatkan struktur tubuh makhluk hidup atau produk yang dihasilkan makhluk hidup tertentu, contohnya tempe, roti, tape, yoghurt, antibiotik, minuman probiotik, dan masih banyak lagi. Sementara itu, seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bioteknologi modern menggunakan penerapan rekayasa genetika untuk menghasilkan produk tertentu. Penerapan rekayasa genetika yang dimaksud adalah memodifikasi gen makhluk hidup tertentu untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Modifikasi tersebut biasanya menggunakan teknik DNA rekombinan, yaitu teknik mendapatkan gen sifat unggul suatu makhluk hidup yang digabungkan dengan gen makhluk hidup lainnya. Contoh produk bioteknologi modern adalah tanaman transgenik, vaksin, domba dolly hasil cloning, dan lain lain. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Shintia P

23 April 2020 01:23

Bioteknologi modern adalah penerapan bioteknologi menggunakan peralatan,teknologi,dan cara yang canggih untuk menghasilkan produk tertentu yang bermanfaat bagi manusia dan umumnya menggunakan prinsip kerja rekayasa genetika


Muhammad A

23 April 2020 02:07

bioteknologi modern adalah salah satu bioteknologi yg dalamnya mengandung unsur teknologi meliputi rekayasa genetik ataupun tumbuhan transgenik.


Lutfia H

23 April 2020 02:23

Bioteknologi modern adalah bioteknologi  yang menghasilkan jasa dan barang dengan menggunakan rekayasa genetika berupa DNA rekombinan


Mayang I

25 April 2020 23:02

bioteknologi modern adalah rekayasa genetika yang bertujuan menghasilkan organisme transgenik yakni organisme yang susunan gen dalam kromosomnya telah diubah sehingga mempunyai sifat menguntungkan sesuai yang dikehendaki.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa itu abiotik?

5

5.0

Jawaban terverifikasi