Avri L

21 Maret 2020 02:44

Iklan

Iklan

Avri L

21 Maret 2020 02:44

Pertanyaan

apa perkembiakan mutualisme?


4

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Nurrismawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

26 Januari 2022 03:19

Jawaban terverifikasi

Halo Avri L! Kakak bantu jawab ya :) Mutualisme adalah bentuk hubungan simbiosis antara dua makhluk hidup yang saling berinteraksi dan kedua individu saling diuntungkan. Contohnya burung jalak yang hinggap di tubuh kerbau. Burung jalak mendapatkan makanan dari kutu di tubuh kerbau, dan kerbau menjadi tidak berkutu sehingga keduanya saling untung. Mari kita bahas! Hubungan antara dua makhluk hidup yang saling berinteraksi disebut dengan simbiosis. Makhluk hidup yang terlibat dalam simbiosis disebut simbion. Simbiosis terbagi menjadi beberapa macam yaitu; 1. Simbiosis mutualisme : hubungan antar makhluk hidup yang sama- sama menguntungkan. Contohnya pada kerbau dan burung jalak, dimana kerbau diuntungkan karena kutunya dimakan oleh burung jalak dan burung jalak mendapatkan makanan dengan memakan kutu. 2. Simbiosis parasitisme : hubungan antar makhluk hidup yang satu diuntungkan dan yang satu dirugikan. Contohnya benalu dengan tumbuhan inangnya. Benalu mengisap nutrisi tumbuhan inang sehingga tumbuhan inang kekurangan nutrisi untuk tumbuh. 3. Simbiosis komensalisme : hubungan antar makhluk hidup yang satu diuntungkan dan yang satu tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya pada ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora menempel pada tubuh ikan hiu untuk mendapatkan makan, namun ikan hiu tidak merasa dirugikan/diuntungkan dengan keberadaan ikan remora. 4. Simbiosis amensalisme : hubungan antara dua makhluk hidup dimana satu individu dirugikan dan individu lainnya tidak dirugikan maupun untung (tidak terpengaruh). Contohnya Dinoflagellata dengan Fitoplankton. Dinoflagellata mengeluarkan senyawa alelokimia yang menyebabkan kematian bagi Fitoplankton dan biota laut lain. Pada peristiwa tersebut Fitoplankton dan biota laut lain merasa dirugikan, namun Dinoflagellata tidak dirugikan maupun diuntungkan (tidak terpengaruh). Semoga membantu! semangat!


Iklan

Iklan

Rofiiqoh N

21 Maret 2020 04:15

mutualisme adalah kedua organisme saling menguntungkan misalnya lebah dan bunga mawar lebah menghasilkan madu dan mawar di bantu penyerbukannya oleh lebah buruh jalak dan kerbau burung jalak akan mendapatkan makanan dari kerbau yaitu kutu dan kerbau menjadi bersih karena kutunya di makan oleh burung jalak.


Aurelia K

21 Maret 2020 05:10

perkembangbiakan mutualisma adalah hubungan antara dua mahluk hidup yang kedua duanya saling diuntungkan contoh : a. hubungan burung jalak dengan kerbau b. hubungan kupu kupu dengan bunga c. hubungan lebah madu dengan bunga d. hubungan cacing tanah dengan tumbuhan


Evandri T

21 Maret 2020 06:18

mutualisme adalah simbiosis yang saling menguntungkan semoga bermanfaat:)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apakah nama palnet yang ke 100

5

5.0

Lihat jawaban (2)