Ajmi A

11 Januari 2020 05:33

Iklan

Iklan

Ajmi A

11 Januari 2020 05:33

Pertanyaan

apa perbedaan virus denganbakteri


85

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Budiartini

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

26 Desember 2021 08:32

Jawaban terverifikasi

Halo Ajmi, kakak bantu jawab ya :) Bakteri merupakan organisme sel tunggal yang tidak memiliki membran inti sel (prokariotik), serta berukuran mikroskopik. Untuk melihatnya, perlu menggunakan mikroskop. Bakteri bisa hidup di berbagai kondisi lingkungan, termasuk lingkungan yang ekstrem. Bahkan, bakteri bisa tinggal di tempat-tempat yang tidak bisa ditinggali manusia, contohnya tempat yang terpapar sinyal radioaktif tinggi. Sedangkan, virus tidak terbuat dari sel. Virus membutuhkan sel inang untuk aktif dan bertahan hidup. Ukuran virus jauh lebih kecil dari bakteri. Bahkan, virus dengan ukuran terbesar pun tetap lebih kecil dibandingkan bakteri yang paling kecil. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Kharisma W

11 Januari 2020 13:21

virus= hanya memiliki salah satu asam nukleat DNA bakteri=berukuran kecil hingga di sebut mikror ganisme


Fadil F

11 Januari 2020 13:22

virus 1. tidak dapat hidup dan berkembang biak secara bebas hanya dapat hidup dan berkembang biak pada sel hidup sedangkan bakteri dapat hidup dan berkembang biak secara bebas. 2. bakteri ukurannya mikroskopis tetapi ukurannya masih lebih besar dibandingkan virus. 3. virus makhluk peralihan antara benda dan makhluk hidup sedangkan bakteri adalah makhluk hidup yg tergolong monera.


Josua E

10 Juli 2020 04:30

perbedaan biologi - bakteri adalah organisme bersel tunggal disekitar kita sedangkan virus bersifat parasit yang membutuhkan inang untuk hidup 2 proses reproduksi - Bakteri termasuk bagian dari organisme hidup karena bereproduksi dengan membelah atau menggandakan tubuhnya. Sementara itu, virus tidak termasuk organisme hidup karena membutuhkan sel inang untuk bereproduksi. 3. jangkauan infeksi - Virus menyerang sel-sel sehat untuk bereproduksi dan menyebar luas hingga ke seluruh tubuh. Sementara itu, infeksi bakteri hanya terbatas pada satu area tubuh dan tidak mudah menyebar seperti infeksi virus. 4. pengobatan - Untuk menghentikan infeksi bakteri, ktia bisa menggunakan antibiotik. Antibiotik bekerja dengan menganggu salah satu fungsi vital sek bakteri. Sementara itu, virus tidak dapat diobati dengan antibitoik. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus hanya bisa diobati dengan menggunakan obat antivirus. Baik infeksi virus atau bakteri bisa dicegah dengan menggunakan vaksin. Tapi, tidak semua penyakit yang disebabkan oleh memiliki vaksin, misalnya virus Corona jenis baru yang sedang mewabah saat ini.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud sistem reproduksi pada wanita?

4

0.0

Jawaban terverifikasi