Iklan

Iklan

Jihan A

07 November 2020 15:27

Pertanyaan

apa perbedaan antara teks anekdot dengan teks humor?


65

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

10 Februari 2022 04:12

Jawaban terverifikasi

Halo Jihan A. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, kakak bantu jawab ya. Perbedaan antara teks anekdot dan humor terdapat pada isi, tujuan, dan tokoh di dalamnya. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya. Teks anekdot adalah cerita singkat yang menarik sebab teks ini bukan hanya menyajikan cerita lucu, tetapi juga memiliki makna kritikan atau sindiran. Humor adalah teks yang bersifat menghibur dan tidak ada pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca layaknya teks anekdot. Berikut adalah perbedaan antara teks anekdot dan teks cerpen. 1. Teks anekdot memiliki isi yang lebih singkat dibandingkan dengan teks cerpen. 2. Teks anekdot memiliki tujuan untuk mengkritik dan menyindir selain bersifat menghibur, sedangkan teks cerpen hanya bertujuan menghibur saja. 3. Tokoh yang terdapat dalam teks anekdot merupakan tokoh terkenal, sedangkan teks cerpen bisa siapa saja. Dengan demikian, perbedaan antara teks anekdot dan humor terdapat pada isi, tujuan, dan tokoh di dalamnya. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Nur F

13 November 2020 11:17

perbedaan teks humor dan anekdot: ~Tujuan Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Humor adalah sesuatu yang lucu, keadaan (dalam cerita dan sebagainya) yang menggelikan hati, kejenakaan, kelucuan. ~ Dari segi Ide cerita Ide cerita teks anekdot berasal dari peristiwa nyata, sedangkan ide cerita humor berasal dari rekaan. ~ Dari segi isi Teks anekdot berisi masalah terkait tokoh publik atau masalah yang menyangkut orang banyak. Sedangkan humor berisi masalah kehidupan sehari-hari (umum). ~ Dari segi fungsi komunikasi Teks anekdot bertujuan untuk menyampaikan kritik atau sindiran secara halus, sedangkan humor bertujuan untuk menghibur. ~ Makna tersirat Teks anekdot mengandung makna tersirat untuk disampaikan kepada pembacanya. Sedangkan pada humor tidak ada makna atau pesan tersirat yang disampaikan. ~Bentuk Bentuk teks anekdot memiliki struktur, sedangkan bentuk humor lebih bebas dan tidak memiliki aturan yang mengikat. ~ Struktur Anekdot memiliki struktur teks tersendiri sehingga berbeda dari jenis teks yang lain. Struktur teks anekdot terdiri dari abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bila salah satu pihak atau keduanya yang terlibat sudah berusia di atas delapan belas tahun, maka kasus yang terjadi akan dikategorikan sebagai kejahatan dunia maya atau pembuntutan dunia maya (cyber harassment). Kalimat tersebut tidak efektif karena... a. Penggunaan konjungsi yang b. penulisan angka delapan belas c. Penggunaan konjungsi bila di awal kalimat d. Kalimat tersebut tidak memiliki subjek. e. Kata pembuntutan dunia tidak baku

15

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan