Iklan

Iklan

Ika G

31 Juli 2021 09:20

Pertanyaan

apa itu kalimat utama


26

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Faizah

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta

28 Maret 2022 18:31

Jawaban terverifikasi

Hai, Ika G. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya 😊 Kalimat utama ialah kalimat yang mengandung gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama. Mari kita simak pembahasan berikut ini ya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat ialah satuan bahasa yang secara relatif berdiri sendiri, mempunyai pola intonasi final dan secara aktual ataupun potensial terdiri atas klausa. Sebuah paragraf memiliki kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama, pada suatu paragraf. Kalimat utama disebut juga dengan kalimat pokok. Adapun kalimat penjelas ialah kalimat yang memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama. Ciri-ciri kalimat utama sebagai berikut. 1. Dapat berdiri sendiri tanpa didampingi oleh kalimat lain. 2. Mengandung ide pokok teks. 3. Kalimat bersifat umum. 4. Mengandung informasi umum. Dengan demikian, kalimat utama ialah kalimat yang mengandung gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama. Semoga membantu 😊


Iklan

Iklan

GLEDYS C

31 Juli 2021 09:23

kalimat utama adalah ide pokok atau gagasan utama , Semoga membantu ya dek semangat terus


Ika G

31 Juli 2021 09:42

terima kasih kakπŸ™


GLEDYS C

31 Juli 2021 13:48

sama sama dek


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Perbaikilah kalimat berikut agar menjadi kalimat yang efektif! b. Radio di temukan pada tahun 1929 oleh Guglielmo Marconi.

4

0.0

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam Semua makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas makhluk hidup dan benda mati. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi semua makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Makhluk hidup dan benda mati saling memengaruhi. Keduanya saling memengaruhi. Salah satu bentuk hubungan antara makhluk hidup dan benda mati adalah kehidupan tanaman yang dipengaruhi olehjenis tanah, suhu, dan curah hujan. Jika jenis tanah, suhu, dan curah hujan sesuai, tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Pertumbuhan tanaman yang baik juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Makhluk hidup juga memengaruhi benda mati. Contohnya di daerah yang banyak tumbuhannya memiliki udara sejuk. Di daerah itu cenderung memiliki air tanah yang baik dan melimpah. Hal itu terjadi karena tanaman membantu tanah untuk menahan dan menyimpan air di dalam tanah dengan baik. Bagaimanakah hubungan manusia dengan lingkungan alam? Hubungan manusia dengan lingkungan alam dibedakan menjadi dua, yaitu hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dan hubungan manusia dalam memanfaatkan lingkungan alam. Contoh cara manusia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanah dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan berlayar pada waktu yang sesuai dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak. Manusia harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebuhannya hidupnya. Untuk itu, manusia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada saat terjadi kemarau panjang, bisa terjadi kekeringan. Untuk mengatasi hal tersebut, manusia bisa mencoba untuk membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan tentu memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jelaskan pokok pikiran dan informasi penting paragraf ke-5!

12

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan