Siti M

08 Februari 2020 08:30

Pertanyaan

apa itu kalimat majemuk?


54

2

Jawaban terverifikasi

N. Faizah

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta

01 Januari 2022 12:14

Jawaban terverifikasi

Hai, Siti M. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya ☺️ Kalimat majemuk ialah kalimat yang memiliki dua klausa atau lebih dan dipadukan menjadi satu dalam suatu konstruksi kalimat. Mari kita simak pembahasan berikut ini ya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat majemuk merupakan kalimat yang memiliki dua klausa atau lebih dan dipadukan menjadi satu dalam suatu konstruksi kalimat. Ciri-ciri kalimat majemuk sebagai berikut. 1. Memiliki lebih dari satu subjek, predikat, dan keterangan. 2. Dihubungkan oleh konjungsi (kata hubung) atau tanda koma (,). 3. Mengandung lebih dari satu peristiwa. Contoh: Adi mengerjakan PR Bahasa Indonesia sedangkan Ida mengerjakan PR Matematika. Kalimat di atas terdiri atas dua klausa yang dihubungkan oleh konjungsi "sedangkan" yang mengandung makna pertentangan. Klausa pertama ialah "Adi, mengerjakan PR Bahasa Indonesia.", sedangkan klausa kedua ialah "Ida mengerjakan PR Matematika." Dengan demikian, kalimat majemuk ialah kalimat yang memiliki dua klausa atau lebih dan dipadukan menjadi satu dalam suatu konstruksi kalimat. Semoga membantu ☺️


Avira T

08 Februari 2020 12:21

kalimat majemuk adalah sebuah kalimat yang memiliki dua klausa atau lebih.seriap kalimat selalu memiliki klausa yang merupakan panduan antara satu objek dan predikat,serta bisa ditambahi objek, pelengkap, maupun keterangan.


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

5. Banyak guru yang kurang yakin kalau materi yang disampaikan kepada siswa dapat dikuasai dengan baik atau tidak. Hal ini terbukti dengan adanya pendalaman materi menjelang ujian nasional. Bahkan, tidak jarang sekolah yang menggunakan jasa lembaga kursus profesional. Sebenarnya, kalau guru mengajar dengan benar dan peserta didik bersifat aktif, pendalaman materi tidak perlu dilaksanakan. Tentukan tanggapan logis terhadap isi paragraf di atas!

572

0.0

Jawaban terverifikasi