Dinda N

26 Mei 2024 05:27

Iklan

Iklan

Dinda N

26 Mei 2024 05:27

Pertanyaan

apa ciri khas organisasi serekat Islam?

apa ciri khas organisasi serekat Islam?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 Mei 2024 05:52

Jawaban terverifikasi

<p>Sarekat Islam (SI) merupakan salah satu organisasi pergerakan nasional yang memiliki beberapa ciri khas penting. Berikut adalah ciri-ciri khas dari Sarekat Islam:</p><p><strong>Landasan Islam</strong>:</p><ul><li>SI dibangun atas dasar ajaran Islam, dengan tujuan utama untuk memajukan umat Islam di Indonesia. Organisasi ini menekankan nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatan dan perjuangannya.</li></ul><p><strong>Fokus Ekonomi dan Sosial</strong>:</p><ul><li>Awalnya, SI didirikan sebagai organisasi dagang yang bernama Sarekat Dagang Islam (SDI) oleh Haji Samanhudi pada tahun 1911, dengan tujuan untuk melindungi pedagang-pedagang pribumi dari persaingan tidak sehat dengan pedagang asing, terutama Tionghoa. Seiring waktu, fokusnya meluas ke bidang sosial dan politik.</li></ul><p><strong>Anggota dari Berbagai Kalangan</strong>:</p><ul><li>SI membuka keanggotaan bagi semua umat Islam tanpa memandang latar belakang sosial dan ekonomi. Hal ini memungkinkan SI memiliki basis massa yang luas, mencakup petani, pedagang, kaum buruh, dan intelektual.</li></ul><p><strong>Perjuangan Melawan Kolonialisme</strong>:</p><ul><li>SI memiliki tujuan untuk melawan penindasan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda. Mereka memperjuangkan hak-hak rakyat pribumi dan berusaha meningkatkan kesejahteraan ekonomi serta keadilan sosial bagi umat Islam.</li></ul><p><strong>Penggunaan Metode Damai</strong>:</p><ul><li>SI menganjurkan metode perjuangan yang damai dan tidak menggunakan kekerasan. Mereka lebih memilih jalur diplomasi, pendidikan, dan peningkatan kesadaran politik di kalangan rakyat.</li></ul><p><strong>Organisasi dengan Struktur Modern</strong>:</p><ul><li>SI memiliki struktur organisasi yang modern dan teratur dengan kepengurusan yang jelas, kongres tahunan, dan program kerja yang terencana. Hal ini memungkinkan SI untuk mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan memperjuangkan tujuan dengan lebih efektif.</li></ul><p><strong>Pendidikan dan Kesadaran Politik</strong>:</p><ul><li>SI aktif dalam mendirikan sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan tingkat pendidikan dan kesadaran politik di kalangan umat Islam. Mereka menyadari pentingnya pendidikan dalam membangun kesadaran nasional dan mempersiapkan kader-kader perjuangan.</li></ul><p><strong>Perpecahan Internal</strong>:</p><ul><li>Meskipun SI memiliki tujuan yang mulia, mereka mengalami perpecahan internal, terutama terkait dengan perbedaan pandangan antara golongan moderat dan radikal. Golongan radikal dipimpin oleh tokoh-tokoh seperti Semaun yang kemudian mendirikan Sarekat Islam Merah, yang berorientasi pada sosialisme dan komunisme.</li></ul>

Sarekat Islam (SI) merupakan salah satu organisasi pergerakan nasional yang memiliki beberapa ciri khas penting. Berikut adalah ciri-ciri khas dari Sarekat Islam:

Landasan Islam:

  • SI dibangun atas dasar ajaran Islam, dengan tujuan utama untuk memajukan umat Islam di Indonesia. Organisasi ini menekankan nilai-nilai keislaman dalam setiap kegiatan dan perjuangannya.

Fokus Ekonomi dan Sosial:

  • Awalnya, SI didirikan sebagai organisasi dagang yang bernama Sarekat Dagang Islam (SDI) oleh Haji Samanhudi pada tahun 1911, dengan tujuan untuk melindungi pedagang-pedagang pribumi dari persaingan tidak sehat dengan pedagang asing, terutama Tionghoa. Seiring waktu, fokusnya meluas ke bidang sosial dan politik.

Anggota dari Berbagai Kalangan:

  • SI membuka keanggotaan bagi semua umat Islam tanpa memandang latar belakang sosial dan ekonomi. Hal ini memungkinkan SI memiliki basis massa yang luas, mencakup petani, pedagang, kaum buruh, dan intelektual.

Perjuangan Melawan Kolonialisme:

  • SI memiliki tujuan untuk melawan penindasan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda. Mereka memperjuangkan hak-hak rakyat pribumi dan berusaha meningkatkan kesejahteraan ekonomi serta keadilan sosial bagi umat Islam.

Penggunaan Metode Damai:

  • SI menganjurkan metode perjuangan yang damai dan tidak menggunakan kekerasan. Mereka lebih memilih jalur diplomasi, pendidikan, dan peningkatan kesadaran politik di kalangan rakyat.

Organisasi dengan Struktur Modern:

  • SI memiliki struktur organisasi yang modern dan teratur dengan kepengurusan yang jelas, kongres tahunan, dan program kerja yang terencana. Hal ini memungkinkan SI untuk mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan memperjuangkan tujuan dengan lebih efektif.

Pendidikan dan Kesadaran Politik:

  • SI aktif dalam mendirikan sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan tingkat pendidikan dan kesadaran politik di kalangan umat Islam. Mereka menyadari pentingnya pendidikan dalam membangun kesadaran nasional dan mempersiapkan kader-kader perjuangan.

Perpecahan Internal:

  • Meskipun SI memiliki tujuan yang mulia, mereka mengalami perpecahan internal, terutama terkait dengan perbedaan pandangan antara golongan moderat dan radikal. Golongan radikal dipimpin oleh tokoh-tokoh seperti Semaun yang kemudian mendirikan Sarekat Islam Merah, yang berorientasi pada sosialisme dan komunisme.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

26 Mei 2024 06:08

Jawaban terverifikasi

Organisasi serikat Islam umumnya memiliki beberapa ciri khas yang mencerminkan identitas dan tujuan mereka: Keterkaitan dengan Agama: Organisasi serikat Islam sering kali memiliki keterkaitan yang erat dengan ajaran Islam dan berusaha untuk menerapkan prinsip-prinsip agama dalam aktivitas dan program mereka. Fokus pada Pendidikan dan Dakwah: Organisasi tersebut sering memiliki fokus pada pendidikan agama, pengembangan komunitas, dan penyebaran dakwah Islam untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran umat Islam. Keterlibatan dalam Kegiatan Sosial: Mereka sering terlibat dalam kegiatan sosial seperti pemberian bantuan kepada yang membutuhkan, pembangunan infrastruktur, dan program-program kesejahteraan sosial lainnya, sebagai wujud dari nilai-nilai kemanusiaan dalam ajaran Islam. Mempromosikan Solidaritas dan Persatuan: Organisasi serikat Islam sering mengadvokasi persatuan umat Islam serta mempromosikan solidaritas di antara umat Muslim di berbagai tingkatan, baik lokal maupun global. Kegiatan Politik: Beberapa organisasi serikat Islam juga terlibat dalam kegiatan politik dengan tujuan mewakili dan membela kepentingan umat Islam serta menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam kebijakan publik.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimanakah perkembangan industri di kawasan asia? Apa saja negara di Asia yang menjadi negara industri beserta hasil industrinya

0

5.0

Jawaban terverifikasi