Farhan C

16 Mei 2022 05:06

Iklan

Iklan

Farhan C

16 Mei 2022 05:06

Pertanyaan

Ada dua buah bibit tanaman yang terhampar di sebuah ladang yang subur bibit yang pertama berkata, aku ingin tumbuh besar. aku ingin menjejakkan akarku dalam-dalam di tanah ini dan menjulangkan tunas-tunasku di atas kerasnya tanah ini. aku ingin membentangkan semua tunasku untuk menyampaikan salam musim segi. aku ingin merasakan kehangatan matahari dan kelembutan embun pagi di pucuk-pucuk daunku. bibit itu tumbuh, makin menjulang. bibit yang kedua bergumam. aku takut. jika kutanamkan akarku ke dalam tanah ini aku tak tahu apa yang akan kutemui di bawah sana. bukankah di sana sangat gelap? dan jika kuteroboskan tunasku ke atas, bukankah nanti keindahan tunas-tunasku akan hilang? tunasku ini pasti akan terkoyak. apa yang akan terjadi jika tunasku terbuka dan siput-siput mencoba untuk memakannya? dan pasti , jika aku tumbuh dan mereka, semua anak kecil akan berusaha untuk mencabutku dari tanah. tidak, akan lebih baik jika aku menunggu sampai semuanya aman. bibit itu pun menunggu dalam kesendirian. Beberapa pekan kemudian, seekor ayam mengais tanah itu, menemukan bibit yang kedua tadi, dan memakannya segera. apakah jenis pengembangan paragraf pertama bacaan tersebut?


13

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Retno

09 Juni 2022 12:28

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah jenis pengembangan sudut pandang. Berikut pembahasannya: Paragraf atau disebut juga dengan alinea adalah suatu gagasan yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama lain. Pada dasarnya paragram memiliki beberapa pola pengembangan. Berikut pola pengembangan paragraf: 1. Klimaks-Antiklimaks, yaitu klimaks adalah perincian gagasan cerita dari bawah menuju gagasan cerita yang paling puncak, sedangkan antiklimaks variasi gagasan yang dimulai dari gagasan cerita yang paling tinggi kemudian diikuti dengan gagasan yang lebih rendah secara perlahan-lahan. 2. Sudut Pandang yaitu pola pengembangan paragraf yang didasarkan pada persepsi berkaitan dengan posisi atau tempat penulis pada sebuah teks, biasanya memiliki ciri muncul kata aku atau saya. 3. Perbandingan dan Pertentangan yaitu upaya mengamati persamaan yang dimiliki oleh dua benda atau lebih, sedangkan pertentangan lebih banyak menonjolkan perbedaan yang ada pada dua benda atau lebih. 4. Analogi yaitu bentuk pengungkapan suatu objek yang dijelaskan dengan objek lain yang memiliki kesamaan. 5. Contoh yaitu paragraf yang memberikan penguatan pada setiap kalimatnya dengan pemberian contoh atau ilustrasi. 6. Klausalitas yaitu paragraf yang bertindak sebagai gagasan utama, sedangkan akibat sebagai rincian pengembangannya dan bisa juga sebaliknya. 7. Generalisasi yaitu menarik kesimpulan dengan cara penalaran secara umum berdasarkan referensi data, atau peristiwa khusus 8. Klasifikasi yaitu paragraf yang mengelompokkan berbagai hal yang dianggap memiliki kesamaan ke dalam satu kategori. 9. Definisi Luas yaitu paragraf yang memiliki ciri menguraikan sebuah gagasan yang abstrak (tidak berwujud) atau istilah yang menimbulkan kontroversi (perdebatan) yang membutuhkan penjelasan. Oleh karena itu, jawaban dari jenis paragraf pada teks pertama bacaan ini adalah sudut pandang.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

183

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

477

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan