Iklan

Iklan

Asbirani A

31 Agustus 2021 03:04

Pertanyaan

Ada 3 unsur penting yang terdapat dalam sejarah yaitu waktu,kejadian dan tempat.Dalam hal ini waktu diartikan sebagai… a.sesuatu yang dapat dihitung dengan ukuran jam,menit ataupun detik. b.sesuatu yang telah berlalu c.masa lalu,masa sekarang dan masa muda d.sesuatu yang membingkai kejadian e.sebelum dan sesudah masehi


24

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Shoimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

01 September 2021 04:07

Jawaban terverifikasi

Halo Asbirani Sejarah mengenal adanya dimensi spasial dan dimensi temporal. Spasial atau ruang merupakan tempat terjadinya suatu peristiwa sejarah. Sedangkan temporal atau waktu ini berhubungan dengan kapan peristiwa tersebut terjadi. Ruang merupakan tempat terjadinya berbagai peristiwa – peristiwa sejarah dalam perjalanan waktu. Penelaahan suatu peristiwa berdasarkan dimensi waktunya tidak dapat terlepaskan dari ruang waktu terjadinya peristiwa tersebut. Jika waktu menitik beratkan pada aspek kapan peristiwa itu terjadi, maka konsep ruang menitik beratkan pada aspek tempat, dimana peristiwa itu terjadi. Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Namun, dalam memahami sejarah pada umumnya, ada beberapa konsep waktu, yaitu: 1. Masa lampau merupakan waktu yang sudah terlewat (terjadi). Namun, masa lampau terkadang masa yang yang masih berlanjut dan belum berhenti. 2. Masa lampau bersifat terbuka dan saling terhubung antar waktunya. Sehingga, apapun yang sudah terjadi di masa lampau dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk masa kini dan masa depan. 3. Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan masa sekarang dan masa depan. Artinya, konsep waktu dalam sejarah diartikan sebagai masa lalu, masa kini, dan masa depan yang saling terhubung. Dengan demikian, jawabannya adalah C. Mapel: Sejarah Kelas: 10 SMA Topik: Manusia dan Sejarah Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan informasi berikut. 1) Dominasi politik. 2) Eksploitasi ekonomi. 3) Liberalisasi perdagangan. 4) Penetrasi budaya. 5) Eksploitasi sumber daya manusia. Bentuk kolonialisme modern yang diterapkan Belanda di Nusantara ditunjukkan oleh nomor .... A. (1), (2) , dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (2), (3), dan (4) D. (2), (3) , dan (5) E. (3), (4), dan (5)

62

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan