Lily S

06 Februari 2022 14:17

Iklan

Iklan

Lily S

06 Februari 2022 14:17

Pertanyaan

5. Banyak guru yang kurang yakin kalau materi yang disampaikan kepada siswa dapat dikuasai dengan baik atau tidak. Hal ini terbukti dengan adanya pendalaman materi menjelang ujian nasional. Bahkan, tidak jarang sekolah yang menggunakan jasa lembaga kursus profesional. Sebenarnya, kalau guru mengajar dengan benar dan peserta didik bersifat aktif, pendalaman materi tidak perlu dilaksanakan. Tentukan tanggapan logis terhadap isi paragraf di atas!


15

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

C. Aurora

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

12 Februari 2022 04:21

Jawaban terverifikasi

Halo, Lily S. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, ya. Kakak bantu jawab, ya. Tanggapan logis terhadap isi paragraf di atas adalah "Jika guru mengajar dengan benar dan peserta didik aktif dalam pembelajaran, kegiatan pendalaman materi tidak perlu dilaksanakan karena siswa sudah tentu memahami materi yang dipelajari." Berikut ini pembahasan untuk menjawab soal tersebut. Tanggapan merupakan pendapat berupa kritik, sanggahan, atau pujian terhadap lingkungan hidup, kondisi sosial, keragaman budaya, tentang peristiwa, fenomena, ucapan dan perbuatan, atau tentang suatu karya orang lain. Berikut ini adalah cara penyampaian tanggapan teks dengan baik. 1. Baca dan pahami isi teks dengan baik. 2. Temukan informasi penting yang menjadi fokus utama teks. 3. Kemukakan informasi penting yang telah ditemukan ke dalam bentuk ringkas dengan bahasa sendiri. Kutipan paragraf tersebut mengemukakan alasan diselenggarakannya kegiatan pendalaman materi menjelang ujian nasional. Alasan penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah banyak guru yang kurang yakin kalau materi yang disampaikan kepada siswa dapat dikuasai dan dipahami dengan baik. Oleh sebab itu, tanggapan logis terhadap isi teks tersebut adalah "Jika guru mengajar dengan benar dan peserta didik aktif dalam pembelajaran, kegiatan pendalaman materi tidak perlu dilaksanakan karena siswa sudah tentu memahami materi yang dipelajari." Dengan demikian, tanggapan logis terhadap isi paragraf di atas adalah "Jika guru mengajar dengan benar dan peserta didik aktif dalam pembelajaran, kegiatan pendalaman materi tidak perlu dilaksanakan karena siswa sudah tentu memahami materi yang dipelajari." Semoga dapat membantu, ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

296

0.0

Jawaban terverifikasi