Lily S

08 Februari 2022 05:07

Iklan

Iklan

Lily S

08 Februari 2022 05:07

Pertanyaan

4. Perbaikilah kalimat-kalimat berikut agar menjadi kalimat yang efektif. d. Tingkah laku yang lucu daripada anak itu membuat gemas banyak orang.


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Kretiyanto

Mahasiswa/Alumni STKIP PGRI Ponorogo

14 Februari 2022 08:57

Jawaban terverifikasi

Hai, Lily S. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab, ya. Perbaikan kalimat di atas adalah "Tingkah lucu anak itu membuat gemas banyak orang." Berikut pembahasannya. Kalimat efektif merupakan kalimat yang penyusunannya mudah dipahami dan mudah tersampaikan maknanya. Kalimat efektif memiliki syarat, di antaranya: 1. Kelengkapan atau kesepadanan struktur. 2. Kehematan kata atau kata yang digunakan cenderung efisien. 3. Kelogisan atau masuk akal. 4. Sesuai dengan kaidah kebahasaan, meliputi ketepatan penulisan ejaan maupun tanda baca. Berikut analisi penyebab kalimat di atas tidak efektif. 1) Frasa 'tingkah laku' merupakan sebuah pemborosan kata karena kata 'tingkah' dan 'laku' mengandung makna yang sama, yaitu perbuatan. Kita bisa memiliki salah satu dari kata tersebut, yaitu kata 'tingkah'. 2) Kata 'yang' pada kalimat di atas merupakan pemborosan kata karena sebelum adjektiva tidak perlu dibubuhi kata 'yang'. 3) Terdapat pemborosan kata, yaitu pada kata 'daripada'. Kata tersebut lebih baik dihilangkan. Dengan demikian, perbaikan kalimat di atas adalah "Tingkah lucu anak itu membuat gemas banyak orang." Semoga bisa membantu, ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

207

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

472

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan