Lily S

21 Juni 2022 04:00

Iklan

Iklan

Lily S

21 Juni 2022 04:00

Pertanyaan

31. Perhatikan kalimat berikut! Antara bekerja dan kesehatan saling berhubungan bahkan saling memengaruhi. Hal ini terbukti misalnya dari kenyataan bahwa seseorang menjadi lebih sehat hila dia bekerja daripada tidak bekerja. Atau kenyataan yang sebaliknya, yaitu seseorang yang bekerja malah menjadi sakit karena kondisi pekerjaannya tidak sesuai dengan karakteristik orang itu. Kata berimbuhan yang menyatakan makna hal/tentang dalam paragraf di atas adalah .... · A. kesehatan, berhubungan, memengaruhi B. bekerja, terbukti, kenyataan C. memengaruhi, misalnya, menjadi D. kesehatan, kenyataan, pekerjaan E. sebaliknya, pekerjaan, menjadi


5

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Tanggara

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta

21 Juni 2022 12:46

Jawaban terverifikasi

Jawabannya adalah D. kesehatan, kenyataan, pekerjaan. Kata berimbuhan adalah kata dasar yang mendapatkan imbuhan atau tambahan afiks sehingga akan membentuk kata baru. Tambahan afiks dalam kata dasar yang berada pada bagian depan disebut sebagai prefiks, bila di akhir disebut dengan sufiks, bila berada pada tengah kalimat disebut sebagai infiks, sedangkan bila campuran disebut konfiks. Akibat tambahan tersebut, kata berimbuhan akan memiliki makna, fungsi, dan bentuk yang berbeda dari kata dasarnya. Kata berimbuhan yang menyatakan makna hal/tentang dalam paragraf di atas adalah: 1. Kesehatan : Imbuhan ke-an pada kata 'kesehatan' bermakna hal sehat. 2. Kenyataan : Imbuhan ke-an pada kata 'kenyataan' bermakna hal nyata. 3. Pekerjaan: imbuhan pe-an pada kata 'pekerjaan' bermakna hal kerja. Jadi, kata berimbuhan yang menyatakan makna hal/tentang dalam paragraf di atas adalah D. kesehatan, kenyataan, pekerjaan.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

509

5.0

Jawaban terverifikasi