Iklan

Iklan

Imah S

02 September 2021 05:59

Pertanyaan

1. Jelaskan mengenai sistem pemungutan Pajak yang digagas Oleh raffles !


394

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Shoimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

02 September 2021 11:00

Jawaban terverifikasi

Halo Imah Raffles merupakan salah satu gubernur jenderal yang bertugas di Hindia Belanda. Ia merupakan golongan liberal, sehingga Ia menginginkan adanya perubahan dalam berbagai bidang. Salah satu kebijakan yang diterapkan oleh Raffles adalah sistem landrent, yaitu sistem sewa tanah atau pajak tanah. Kebijakan landrent erat kaitannya dengan pandangan Raffles mengenai status tanah sebagai faktor produksi. Raffles beranggapan jika satu-satunya pemilik tanah adalah pemerintah. Sehingga sudah seharusnya para penduduk Jawa menjadi penyewa atau membayar pajak atas tanah yang dikelola. Ketentuan sistem landrent pada masa pemerintahan Letnan Gubernur Raffles adalah sebagai berikut. 1. Petani harus menyewa tanah meskipun ia adalah pemilik tanah tersebut. 2. Harga sewa tanah bergantung pada kondisi tanah. 3. Pembayaran sewa tanah dilakukan dengan uang tunai. 4. Penduduk yang tidak memiliki tanah dikenakan pajak kepala. Kebijakan landrent mengharuskan pajak dipungut secara perorangan, tetapi karena kesulitan teknis, kemudian dipungut per desa. Jumlah pungutannya disesuaikan dengan jenis dan produktivitas tanah. Hasil sawah kelas satu dibebani pajak 50 persen, kelas dua 40 persen, dan kelas tiga 33 persen. Sementara untuk tegalan kelas satu 40 persen, kelas dua 33 persen, dan kelas tiga 25 persen. Sayangnya, sistem landrent ini mengalami banyak kendala yang menyebabkan pemerintah Inggris tidak mendapat keuntungan dan rakyat tetap menderita. Dengan demikian, sistem pemungutan pajak pada masa Raffles dikenal juga dengan sistem landrent atau sistem sewa tanah. Pemungutan pajak ini didasarkan pada anggapannya bahwa tanah adalah milik pemerintah, sehingga para penggarap tanah wajib membayar pajak atau membayar sewa. Mapel: Sejarah Kelas: 11 SMA Topik: Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa Semoga membantu ya.


Iklan

Iklan

Imah S

13 Februari 2022 01:07

Suatu Perusahaan Menghasilkan Produk yang dapat diselesaikan dalam x Jam dengan biaya per jam (5x - 600 + 250 ) ratus ribu rupiah. ------ X Agar biaya minimum maka tentukan waktu menyelesaikan Untuk Produk tersebut !


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa hindu-buddha di indonesia yang pernah mengalami masa kegemilangan di masa lalu, pada masa kini pengaruhnya semakin memudar?

82

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan