Zzz Z

16 Mei 2022 12:10

Iklan

Iklan

Zzz Z

16 Mei 2022 12:10

Pertanyaan

.Tuhanku, WajahMu membayang di kota terbakar dan firmanMu terguris di atas ribuan kuburan yang dangkal Anak menangis kehilangan bapa Tanah sepi kehilangan lelakinya Bukannya benih yang disebar di bumi subur ini tapi bangkai dan wajah mati yang sia-sia Apabila malam turun nanti sempurnalah sudah warna dosa dan mesiu kembali lagi bicara Waktu itu, Tuhanku, perkenankan aku membunuh perkenankan aku menusukkan sangkurku Malam dan wajahku adalah satu warna Dosa dan nafasku hklladalah satu udara. Tak ada lagi pilihan kecuali menyadari -biarpun bersama penyesalan- Apa yang bisa diucapkan oleh bibirku yang terjajah? Sementara kulihat kedua lenganMu yang capai mendekap bumi yang mengkhianatiMu Tuhanku Erat-erat kugenggam senapanku Perkenankan aku membunuh Perkenankan aku menusukkan sangkurku 14.Tema dalam puisi tersebut adalah... a.perjuangan b.pengabdian c.penderitaan d.perdamaian e.pengkhianatan


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Salsabila

17 Mei 2022 11:54

Jawaban terverifikasi

Jawaban untuk soal tersebut adalah A. Yuk, simak pembahasan berikut ini. Puisi adalah karya sastra yang berisi ungkapan isi hati penulis. Dalam puisi terdapat irama, rima, lirik, dan ritme pada setiap lariknya. Salah satu jenis puisi adalah puisi baru. Puisi baru merupakan puisi yang tidak terikat dengan aturan baku pada rima, jumlah bait, irama, jumlah suku kata, dan banyaknya larik. Puisi baru dapat disebut juga puisi modern. Contoh puisi baru adalah puisi "Aku" karya Chairil Anwar. Salah satu unsur batin puisi adalah tema. Tema merupakan gagasan pokok yang diungkapkan oleh penyair. Langkah-langkah menentukan tema dalam puisi adalah sebagai berikut. 1. Membaca puisi dengan cermat. 2. Memahami makna tiap kata dalam puisi. 3. Menentukan tema dalam puisi. Berdasarkan penjelasan di atas, tema puisi di atas adalah perjuangan. Hal tersebut sesuai dengan bunyi puisi pada larik berikut. Waktu itu, Tuhanku, perkenankan aku membunuh perkenankan aku menusukkan sangkurku .... Apa yang bisa diucapkan oleh bibirku yang terjajah? Sementara kulihat kedua lenganMu yang capai mendekap bumi yang mengkhianatiMu Tuhanku Erat-erat kugenggam senapanku Perkenankan aku membunuh Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

985

5.0

Jawaban terverifikasi